BTemplates.com

Saturday, December 3, 2016

Jenis Jenis Ikan Hias Yang Perawatannya Mudah

Buat kamu yang ingin punya hewan peliharaan namun takut berisik dan nggak mengotori seisi rumah, maka ikan hias air tawar bisa jadi alternatif. Jenis ikan ini punya warna yang indah dan bentuk yang lucu, jadi selain sebagai peliharaan  bisa juga dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah.
Selain itu, banyak manfaat lho memelihara ikan hias. Menurut penelitian, memelihara ikan hias bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Karena pemandangan gerak – gerik ikan yang indah di dalam akuarium sering kali menenangkan pikiran dan jadi obat stress. Jadi nggak heran, kalau memelihara ikan hias dirumah mampu menurunkan tekanan darah tinggi, menjernihkan pikiran, menetralkan perasaan, memberi inspirasi dan ide.
Ada banyak jenis ikan hias air tawar di dunia. Mulai dari bentuknya yang unik sampai warnanya yang mempesona. Info Kita kali ini akan membahas beberapa jenis ikan hias yang perawatannya mudah dan banyak diminati orang, baik warnanya yang cantik maupun bentuknya yang indah.

Jenis ikan hias air tawar yang dapat kalian budidaya atau pelihara dirumah

Cupang

Ikan cupang atau sering disebut Betta, memiliki warna tubuh yang menarik, bentuk siripnya indah, gerakannya tenang dan berwibawa. Biasanya ikan betina lebih kecil ukurannya dibandingkan ikan jantan. Ikan ini adalah yang paling sering kita jumpai di pasar tradisional, mengingat jenis ini mudah di pelihara karena dapat bertahan hidup dengan kadar oksigen yang sedikit.Namun jika kita memelihara ikan ini, kita wajib memisahkan satu sama lain / menempatkannya di aquarium / tempat berbeda. Hal tersebut karena ikan ini memiliki sifat agresif dan suka menyerang. Baca juga Cara Budidaya Ikan Cupang



Hasil gambar untuk ikan cu


Guppy

Ikan ini bisa ditemui di daerah Trinidad, Barnados, Guyana, Brasil, dan beberapa daerah di Asia Tenggara. Bentuknya mungil dan memiliki sirip-sirip yang cantik dengan berbagai warna yang sangat menarik. Warna-warna tersebut seperti hijau, kuning, merah, biru, dan beberapa kombinasi warna lain yang tampak begitu indah melapisi ikan Guppy. Ukurannya kurang lebih 2,5 – 5 cm, harganya murah. Ikan guppy jantan siripnya lebih lebar dengan warna – warna kontras yang lebih indah dibandingkan dengan ikan betinanya yang warnanya cenderung kusam. Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Guppy

 Hasil gambar untuk ikan guppy


Mas Koki / Goldfish

Ikan ini berasal dari cina yang dipopulerkan di jepang, termasuk jenis yang mudah di pelihara, di budidayakan dan murah. Ikan mas koki mungkin familiar di kuping kalian, karena ikan ini banyak dijadikan ikan has di indonesia, Awalnya bentuk ikan maskoki sama seperti ikan mas, karena memang jenis ikan ini berasal dari satu kerabat. Bedanya ikan maskoki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya. Ikan mas koki memiliki perut yang besar dan berwarna indah sehingga membuat orang tertarik memelihara ikan ini.

 Hasil gambar untuk ikan koki


Koi

Pertama kali di ternakkan di cina tapi di populerkan di Jepang, ikan koi sendiri dari Bahasa jepang berarti Ikan karper. Bentuk ikan ini seperti torpedo, Ikan koi mempunyai warna yang sangat khas, biasanya terdiri dari gradasi warna merah, putih, hitam atau kuning dan belakangan ada juga yang bersisik emas dan perak.
Ikan ini banyak diminati oleh penggemar ikan hias karena harga yang ekonomis, tidak terlalu mahal tetapi mempunyai sisik yang sangat cantik dan beragam. Walaupun bisa saja ditaruh di akuarium, tapi keindahannya bukan bagian sampingnya melainkan punggungnya. Maka warna sempurnanya adalah jika dilihat dari atas, garis batas warna yang ada di punggung akan terlihat lebih jelas, butuh tempat yang luas untuk memeliharanya seperti kolam.

 Hasil gambar untuk ikan koi tercantik di dunia

Louhan

Ikan ini adalah jenis Hybrid atau ikan hasil persilangan dari jenis cichlid buatan manusia. Bentuk ikan ini jelas dari jenong di kepalanya, maka ikan ini juga di kenal sebagai “jenong kelam”. Banyak orang mengatakan semakin besar jenongnya semakin unik warna tubuh mereka maka semakin mahal harga ikan ini.  Selain itu, warna sisisknya yang cantik juga terlihat hidup. Sebagai ikan penguasa perairan mereka memang lebih agresif daripada ikan lain, mereka biasa memakan ikan lain. Oleh karena itu, ikan ini dipelihara di aquarium tanpa ada ikan lain alias sendirian. Beberapa jenis ikan louhan asli biasanya hidup di wiliayah Asia Tenggara terutama di Negara Malaysia dan Taiwan.

 Hasil gambar untuk ikan lo


Oscar

Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang tergolong tidak ramah dengan ikan lainnya. Ikan yang satu ini sangat agresif bila di gabungkan dalam satu wadah aquarium karena ikan oscar sangat menjaga daerah teritorialnya. Ikan oscar telah mendapatkan nama ilmiah yang sering dipanggil Astronontus ocellatus. Umur ikan oscar di alam bebeas bisa mencapai umur 10-12 tahun ini tergantung kekuatan mereka masing-masing. Ikan Oscar juga memiliki gigi yang runcing, butuh kolam atau akuarium yang cukup besar untuk memelihara mereka karena ikan oscar termasuk ikan yang besar ketika dewasa nanti.
 

Hasil gambar untuk ikan oscar termahal


Arwana

Di Indonesia sendiri ikan ini juga di kenal dengan nama ikan naga. Di juluki ikan naga karena punya 2 sungut di bawah bibirnya yang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi mangsanya, itu sebabnya ikan ini bersifat predator. Ikan Arwana berhabitat di perairan Kalimantan dan papua. Ikan arwana adalah ikan yang termasuk dalam kategori hewan yang dilindungi di seluruh dunia. Banyak orang membudiyakan ikan arwana karena harga jual ikan ini yang sangat tinggi, ikan ini bisa dijadikan pilihan kalian jika kalian ingin berbisnis ikan hias.
 Hasil gambar untuk ikan arwana super red

Black Ghost / Black Phantom

Ikan Black Ghost ini memiliki nama Latin Apterontus albifronsyang berasal dari Sungai Amazon dan Surinam. Dikenal dengan banyak sebutan, Kenapa dinamakan black ghost pertama karena memang sepintas ikan ini terlihat seperti hantu hitam, terlebih lagi bentuk mereka yang bergelamir membuat nama itu cocok untuk ikan ini. Ada juga sebutan “Ikan Penari Balet” karena gerakannya yang maju mundur dan jungkir balik dengan amat lenturnya. Ini dimungkinkan oleh bentuk tubuh ikan ini yang lentur dan menggelambir, sehingga memungkinnya melakukan manuver yang tidak dapat di lakukan ikan lain.
Pakannya juga tidak terlalu sulit, Jentik nyamuk, Pelet, dan cacing kering bisa dimakan oleh Ikan Black Ghost ini. Untuk Aksesoris akuariumnya carilah warna yang gelap seperti warna hitam, contohnya akar bakau, atau batu-batuan yang berwarna hitam.

 Hasil gambar untuk ikan black ghost

Discus

Ikan discus yang memiliki habitat asli di kawasan sungai Amazon. Bentuk ikan ini pipih, kemudian siripnya besar dan memanjang. Bagian mulut dan mata ikan ini kecil, warna matanya merah jadi penampilannya kelihatan sangar. Panjang ikan ini bisa menjapai 15 hingga 25 cm.  Ditubuhnya terdapat garis-garis vertikal yang biasa digunakan untuk mengelabui ikan lain / kamuflase. Disebut ikan High Class karena ikan ini bisa mencapai harga yang sangat tinggi ketika mereka mendapatkan tampilan yang sempurna.


Hasil gambar untuk ikan discus


Sekian informasi tentang Jenis Jenis Ikan Hias Yang Perawatannya Mudah, semoga dapat menambah wawasan para pembacanya.








No comments:
Write comments

Recommended Posts × +